Tumbuhan Gulma Itu Bermanfaat

Mei 28, 2008 at 7:00 pm Tinggalkan komentar

Enceng gondok (Eichornia crassipes) sebagai bahan yang tidak berguna dan sangat mengganggu lingkungan dapat dimanfaatkan menjadi barang berguna berupa barang kerajinan misalnya tas, alas sandal, sarung bantal kursi, taplak meja, alas cawan gelas, karpet, tikar, dan pigura. Enceng gondok juga tidak hanya berguna untuk kerajinan saja, enceng gondok bisa juga dimanfaatkan pertumbuhan pesatnya dengan merubahnya menjadi sumber energi (gas bio). Ia mampu meningkatkan kadar oksigen di air, menyerap kotoran sehingga Biochemical Oxigen Demand (BOD) menjadi turun.

Untuk membuat kerajinan berbahan baku enceng gondok pada dasarnya mudah, sederhana, modalnya tidak besar, dan tidak menuntut ketrampilan tinggi, namun memerlukan kreativitas. Kerajinan enceng gondok dapat dikerjakan para ibu rumah tangga dan juga oleh pemuda putus sekolah sehingga dapat mengurangi pengangguran.

warga bisa memperoleh pendapatan hingga Rp 25 ribu per hari hanya dari menjual enceng gondok. Harga satu kilogram enceng gondok basah (setelah dipetik) dijual seharga Rp 125 sampai Rp 150. Sedangkan harga keringnya dijual seharga Rp 2.300 sampai Rp 2.500 per kilogram. Produk berbahan dasar enceng gondok juga telah berhasil di export ke mancanegara antara lain ke Spanyol, Amerika dan Italia.

Kalau kita cermati, di beberapa tempat di Temanggung terdapat banyak tanaman ini. Populasinya menyebar diberbagai pelosok, bahkan tumbuhan ini sengaja dibiarkan tumbuh begitu saja di sawah-sawah ataupun kolam. Sebenarnya kalau jeli, tanaman ini bisa kita manfaatkan.

Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa penduduk di Kecamatan Banyubiru, Salatiga. Mereka memanfaatkan Enceng gondok yang tumbuh liar di sekitar Rowo Pening. Dahan enceng gondok yang mengandung serat selulosa ini dijemur dilahan kosong depan rumah dan dijual ke spekulan.(ifa) tulisan diambil dari berbagai sumber

 

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Generasi Muda Dan Lingkungan Menggambar di Desa Hutan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Godong adalah media lingkungan, diterbitkan oleh Dipersani (Dian Permata Insani). Godong (bahasa Jawa) adalah daun dari pohon, butiran air akan dapat diserapnya, pada akhirnya terbentuk mata air ditanah. Begitu juga dengan media godong, akan bisa menumbuhkan bibit-bibit atau kader lingkungan yang siap meng-Hijaukan Bumi Temanggung, sesuai dengan Moto dan menjadi semangat untuk membangkitkan mimpi-mimpi yang terpendam. Lahirnya godong merupakan bentuk keprihatinan untuk memperjuangankan isu-isu lingkungan yang selama ini mendapat porsi sangat kecil, atau kurang tersentuh oleh pemerintah maupun pihak-pihak lain.

Kategori

Tulisan Terbaru

Tulisan Teratas

Arsip

Komentar Terbaru

yang sedang berkunjung

Blog Stats

  • 1.439 hits

%d blogger menyukai ini: